Aqidah Empat Imam Madzhab : Aqidah Imam Abu Hanifah Tentang Sifat-Sifat Allah


AQIDAH IMAM ABU HANIFAH
An-Nu’man bin Tsabit ~rahimahullah~

A. Pendapat Imam Abu Hanifah tentang Masalah Tauhid.

Kedua : Pendapat Imam Abu Hanifah tentang Penetapan Sifat-Sifat Allah dan Bantahan terhadap Firqah (Golongan) Jahmiyah.

4. Imam Abu Hanifah berkata:

«لا يوصف الله تعالى بصفات المخلوقين، وغضبه ورضاه صفتان من صفاته بلا كيف، وهو قول أهل السُّنَّة والجماعة وهو يغضب ويرضى ولا يقال: غضبه عقوبته ورضاه ثوابه، ونصفه كما وصف نفسه أحدٌ صمد لم يلد ولم يولد ولم يكن له كفوًا أحد، حيٌّ قادر سميع بصير عالم، يد الله فوق أيديهم ليست كأيدي خلقه ووجهه ليس كوجوه خلقه»

Allah tidak disifati dengan sifat-sifat makhluk. Murka dan ridha Allah adalah dua sifat dari sifat-sifat Allah yang tidak dapat diketahui keadaannya. Ini adalah pendapat Ahlus Sunnah wal Jama’ah. Allah murka dan ridha. Namun tidak dapat dikatakan, bahwa murka Allah itu adalah siksa-Nya dan ridha-Nya itu pahala-Nya.

Kita menyifati Allah sebagaimana Allah menyifati diri-Nya sendiri. Allah adalah Esa, Dzat yang pada-Nya para hamba memohon, tidak melahirkan dan tidak dilahirkan, dan tidak ada satu pun yang menyamai-Nya. Allah juga hidup, berkuasa, melihat, dan mengetahui.” Tangan Allah di atas tangan-tangan mereka (yang menyatakan janji setia kepada Rasul). Tangan Allah tidak seperti tangan makhluk-Nya. Wajah Allah tidak seperti wajah-wajah makhluk-Nya.[al-Fiqh al-Absath, hal. 56]

5. Imam Abu Hanifah berkata:

«وله يد ووجه ونفس، كما ذكره الله تعالى في القرآن، فما ذكره الله تعالى في القرآن من ذكر الوجه واليد والنفس، فهو له صفات بلا كيف ولا يقال إن يده قدرته أو نعمته، لأن فيه إبطال الصفة وهو قول أهل القدر والاعتزال»

“Allah juga memiliki tangan, wajah, dan diri seperti disebutkan sendiri oleh Allah dalam Al-Qur’an. Maka apa yang disebutkan oleh Allah tentang wajah, tangan, dan diri menunjukkan bahwa Allah mempunyai sifat yang tidak boleh direka-reka bentuknya. Dan juga tidak boleh disebutkan bahwa tangan Allah itu artinya kekuasaan-Nya atau nikmat-Nya, karena hal itu berarti meniadakan sifat-sifat Allah, sebagaimana pendapat yang dipegang oleh ahli qadar (Qadariyyah) dan golongan Mu’tazilah.” [al-Fiqh al-Akbar, hal. 302]

6. Imam Abu Hanifah juga berkata:

«لا ينبغي لأحد أن ينطق في ذات الله بشيء بل يصفه بما وصف به نفسه ولا يقول فيه برأيه شيئًا تبارك الله وتعالى رب العالمين»

“Tidaklah pantas bagi seseorang untuk berbicara tentang Dzat Allah. Tetapi, hendaknya ia menyifati Allah dengan sifat-sifat yang disebutkan oleh Allah sendiri. Ia tidak boleh berbicara tentang Allah dengan pendapatnya sendiri. Maha Suci Allah Rabbul ‘Alamin. [Syarah al-Aqidah ath-Thahawiyah, II/ 427, Editor Dr. At-Turki, Jala ‘al-‘Ainain, hal. 368]

7. Ketika ditanya tentang turunnya Allah, Imam Abu Hanifah menjawab,

«ينزل بلا كيف»

“Allah itu turun tanpa cara-cara seperti halnya turunnya makhluk.” [Aqidah as-Salaf Ashhab al-Hadits, hal. 42, Dar as-Salafiyah. Al-Baihaqi, al-Asma’ wa as-Sifat, hal. 456, Syarh al-Aqidah ath Thahawiyah,hal. 245. Takhrij al-Albani. al-Qari, Syarh al-Fiqh al-Akbar, hal. 60]

8. Beliau juga berkata:

«والله تعالى يدعى من أعلى لا من أسفل لأن الأسفل ليس من وصف الربوبية والألوهية في شيء»

“Dalam berdo’a kepada Allah, kita memanjatkan do’a ke atas, bukan ke bawah, karena bawah tidak mengandung sifat Rububiyyah dan Uluhiyah sedikitpun. [al-Fiqh al-Absath, hal. 51]

9. Beliau juga berkata:

«وهو يغضب ويرضى ولا يقال غضبه عقوبته ورضاه ثوابه»

“Allah itu murka dan ridha. Namun tidak dapat disebutkan bahwa murka Allah itu siksa-Nya, dan ridha Allah itu pahala-Nya.” [al-Fiqh al-Absath, hal. 56]

10. Beliau juga berkata:

«ولا يشبه شيئًا من الأشياء من خلقه ولا يشبه من خلقه لم يزل ولا يزال بأسمائه وصفاته»

“Allah tidak serupa dengan makhluk-Nya, dan makhluk-Nya juga tidak serupa dengan Allah. Allah itu tetap akan selalu memiliki nama-nama dan sifat-sifat-Nya. [al-Fiqh al-Akbar, hal. 301]

11. Beliau juga berkata:

«وصفاته بخلاف صفات المخلوقين يعلم لا كعلمنا، ويقدر لا كقدرتنا، ويرى لا كرؤيتنا، ويسمع لا كسمعنا، ويتكلم لا ككلامنا»

“Sifat-sifat Allah itu berbeda dengan sifat-sifat makhluk. Allah itu, mengetahui tetapi tidak seperti mengetahuinya makhluk. Allah itu mampu (berkuasa) tetapi tidak seperti mampunya (berkuasanya) makhluk. Allah itu melihat, tetapi tidak seperti melihatnya makhluk. Allah itu mendengar tetapi tidak seperti mendengarnya makhluk. Dan Allah itu berbicara tetapi tidak seperti berbicaranya makhluk.” [al-Fiqh al-Akbar, hal. 302]

12. Beliau juga berkata:

«لا يوصف الله تعالى بصفات المخلوقين»

“Allah itu tidak boleh disifati dengan sifat-sifat makhluk.” [al-Fiqh al- Absath, hal. 56]

13. Beliau berkata:

«ومن وصف الله بمعنى من معاني البشر فقد كفر»

“Siapa yang menyifati Allah dengan sifat-sifat manusia, maka ia telah kafir.” [al-Aqidah ath-Thahawiyah, dengan komentar al-Albani, hal. 25]

14. Beliau juga berkata:

«وصفاته الذاتية والفعلية، أما الذاتية فالحياة والقدرة والعلم والكلام والسمع والبصر والإرادة، وأما الفعلية فالتخليق والترزيق والإنشاء والإبداع والصنع وغير ذلك من صفات الفعل لم يزل ولا يزال بأسمائه وصفاته»

“Allah memiliki sifat-sifat dzatiyah dan fi’liyah. Sifat-sifat dzatiyah Allah adalah hayah (hidup), qudrah (mampu), ‘ilm (mengetahui) sama’ (mendengar), basher (melihat), dan iradah (kehendak). Sedangkan sifat-sifat fi’liyah Allah adalah menciptakan, memberi rizki, membuat, dan lain-lain yang berkaitan dengan sifat-sifat perbuatan. Allah tetap dan selalu memiliki asma’-asma, dan sifat-sifat-Nya.” [al-Fiqh al-Akbar, hal. 301]

15. Beliau juga berkata:

«ولم يزل فاعلاً بفعله والفعل صفة في الأزل والفاعل هو الله تعالى والفعل صفة في الأزل والمفعول مخلوق وفعل الله تعالى غير مخلوق»

“Allah tetap melakukan (berbuat) sesuatu. Dan melakukan (berbuat) itu merupakan sifat azali. Yang melakukan (berbuat) adalah Allah yang dilakukan (obyeknya) adalah makhluk dan perbuatan Allah bukanlah makhluk.” [al-Fiqh al-Akbar, hal. 301]

16. Beliau juga berkata:

«من قال لا أعرف ربي في السماء أم في الأرض فقد كفر، وكذا من قال إنه على العرش ولا أدري العرش أفي السماء أم في الأرض»

“Siapa yang berkata, ‘Saya tidak tahu Tuhanku itu di mana, di langit atau di bumi’, maka orang tersebut telah menjadi kafir. Demikian pula orang yang berkata: “Tuhanku itu di atas ‘Arsy. Tetapi saya tidak tahu ‘arsy itu di langit atau di bumi.” [al-Fiqh al-Absath, hal.46. Pernyataan seperti ini juga dinukil dari Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah dalam Majmu’ al-Fatawa, V/ 48. Ibnu al-Qayyim dalam Ijtima’ al-Juyusy al-Islamiyah, hal. 139. Adz-Dzahabi dalam al-‘Uluw, hal. 101-102. Ibnu Qadamah dalam al-‘Uluw, hal, 116. Dan Ibnu Abi al-‘Izz dalam Syarh al-Aqidah ath-Thahawiyah. Hal. 301]

17. Ketika ada seorang wanita bertanya kepada beliau: “Di mana Tuhan Anda yang Anda sembah itu?”. Beliau menjawab:

«إن الله سبحانه وتعالى في السماء دون الأرض، فقال له رجل: أرأيت قول الله تعالى: }وَهُوَ مَعَكُمْ{ [الحديد: 4] قال: هو كما تكتب للرجل إني معك وأنت غائب عنه»

“Allah Subhaanahu Wata’ala ada di langit, tidak di bumi.” Kemudian ada seseorang bertanya: “Tahukah Anda bahwa Allah berfirman وَهُوَ مَعَكُمْ (Allah itu bersama kamu)?” (Al-Hadid : 4) Beliau menjawab: “Ungkapan itu seperti kamu menulis surat kepada seseorang, “Saya akan selalu bersamamu”, padahal kamu jauh darinya.” [al-Asma wa ash Shifat, hal. 429]

18. Beliau juga berkata:

«يد الله فوق أيديهم ليست كأيدي خلقه»

“Demikian pula tentang tangan Allah di atas tangan-tangan mereka yang menyatakan janji setia kepada Rasul, tangan Allah itu tidak sama dengan tangan makhluk.” [al-Fiqh al-Absath, hal. 56]

19. Beliau juga berkata:

«إن الله سبحانه وتعالى في السماء دون الأرض، فقال له رجل: أرأيت قول الله تعالى: }وَهُوَ مَعَكُمْ{ [الحديد: 4]، قال: هو كما تكتب لرجل إني معك وأنت غائب عنه»

“Allah Subhaanahu Wata’ala ada di langit, tidak di bumi.” Kemudian ada orang yang bertanya: “Tahukah Anda bahwa Allah berfirman, “Allah itu bersamamu.” (Al-Hadid : 4) Beliau menjawab: “Ungkapan itu seperti kamu menulis surat kepada seseorang, “Saya akan selalu bersamamu”, padahal kamu jauh darinya.” [al-Asma’ ash shifat, II/ 170]

20. Beliau juga berkata:

«قد كان متكلمًا ولم يكن كلم موسى عليه السلام»

“Bahwa Allah itu mempunyai sifat kalam (berfirman) sebelum Allah berfirman kepada Nabi Musa ‘alaihis salam.” [al-Fiqh al-Akbar, hal. 302]

21. Kata beliau:

«ومتكلمًا بكلامه والكلام صفة في الأزل»

“Allah berfirman dengan kalam-Nya, dan kalam adalah sifat azali.” [al-Fiqh al-Akbar, hal. 301]

22. Beliau berkata lagi:

«ويتكلم لا ككلامنا»

“Allah itu berbicara, tetapi tidak seperti berbicaranya kita.” [al-Fiqh al-Akbar, hal. 302]

23. Kata beliau:

«وسمع موسى عليه السلام كلام الله تعالى كما قال الله تعالى: }وَكَلَّمَ اللَّهُ مُوسَى تَكْلِيمًا{ [النساء: 164]، وقد كان الله تعالى متكلمًا ولم يكن كلم موسى عليه السلام»

“Nabi Musa ‘alaihis salam mendengar kalam Allah, sebagaimana ditegaskan sendiri oleh Allah: “ وكلم الله موسى تكليما ” (Dan Allah telah berfirman langsung kepada Nabi Musa) [An-Nisaa: 164]. Allah telah berfirman dan tetap akan berfirman, Allah tidak hanya berfirman kepada Nabi Musa saja.” [al-Fiqh al-Akbar, hal. 302]

24. Beliau berkata:

«والقرآن كلام الله في المصاحف مكتوب وفي القلوب محفوظ، وعلى الألسن مقروء، وعلى النبي r، أنزل»

“al-Qur’an itu kalam Allah, tertulis dalam mushhaf dan tersimpan (terjaga) di dalam hati, terbaca oleh lisan, dan diturunkan kepada Nabi Muhammad.” [al-Fiqh al-Akbar, hal. 301]

25. Kata beliau lagi:.

«والقرآن غير مخلوق»

“Al-Qur’an itu bukan makhluk.” [al-Fiqh al-Akbar, hal. 301]

 Aqidah Imam Empat
Muhammad bin Abdurrahman Al-Khumais
http://www.alsofwah.or.id
dengan penyesuaian

Iklan

One comment on “Aqidah Empat Imam Madzhab : Aqidah Imam Abu Hanifah Tentang Sifat-Sifat Allah

  1. Ping-balik: Aqidah Empat Imam Madzhab | Tiga Landasan Utama

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s