Bab Thaharah (Bersuci) | Tata Cara Wudhu


tata cara wudhu

tata cara wudhu

TATA CARA BERWUDHU

Bagi yang ingin berwudhu hendaknya melakukan berikut ini:

  1. Membaca basmalah, kemudian menuangkan air ke atas kedua telapak tangan (mencuci kedua tapak tangan), sambil berniat dan mencucinya tiga kali.
  2. Kemudian berkumur-kumur dan memasukkan air ke dalam hidung dari satu telapak tangan sebanyak tiga kali, jika mudah melakukannya, ini adalah yang lebih utama. Namun jika tidak memungkinkan, maka dipisah berkumur-kumur sebanyak tiga kali terlebih dahulu kemudian baru istinsyaq (memasukkan air ke dalam hidung) sebanyak tiga kali juga.
  3. Kemudian membasuh wajah. Panjangnya dari tempat tunbuhnya rambut kepala sampai ke jenggot, sedang lebarnya dari pinggir telinga satu ke pinggir telinga satunya lagi, membasuhnya tiga kali juga.
  4. Kemudian mencuci tangan kanan sampai ke siku sebanyak tiga kali sambil menyela-nyela jari-jarinya.
  5. Kemudian mengusap kepala satu kali usapan dimulai dari bagian depan kepala dengan menggunakan kedua tangan, hendaknya ia usapkan ke tengkuknya lalu dikembalikan ke tempat ia memulai mengusap, kemudian mengusap kedua telinganya bagian dalam dan luarnya dengan menggunakan sisa air yang ada di kedua tangannya, jika tidak, maka menggunakan air yang baru.
  6. Kemudian mencuci kaki kanannya hingga mata kakinya sebanyak tiga kali, lalu kaki kirinya.
  7. Kemudian membaca doa:

أشهد أن لا إله إلا الله وحده لا شريك له، و أشهد أنّ محمّدا عبده و رسوله. اللهمّ اجعلني من التوابين و اجعلني من المتطهرين

“Aku bersaksi bahwa tidak ada sesembahan yang haq selain Allah, Yang Esa dan tidak ada sekutu bagiNya, dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan RasulNya.  Yaa Allah jadikanlah aku termasuk orang-orang yang bertaubat dan jadikanlah aku termasuk orang-orang yang suci.”

Artikel TigaLandasanUtama.WordPress.Com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s