Penjelasan Kitab 3 Landasan Utama | Tiga Landasan Utama Yang Wajib Diketahui


فإِذا قيل لك : ما الأُصُولُ الثلاثةُ التي يجبُ على الإِنسانِ معرِفتُها؟ فقلْ : معرفَةُ العبد رَبَّهُ ودِينَهُ ونبِيَّه محمدًا

Jika Anda ditanya: Apakah tiga landasan utama yang harus diketahui oleh seluruh manusia? Maka katakanlah: Pengenalan Seorang Hamba kepada  Allah, Dien-Nya (Agama), dan rasul-Nya Muhammad -shallallahu ‘alaihi wa sallam-.


Syeikh berkata: “Jika dikatakan kepadamu, “apakah tiga landasan yang wajib diketahui oleh setiap muslim?” Maka jawablah: “Pertama: Pengetahuan tentang Rabnya. Kedua: Pengetahuan tentang agamanya. Ketiga: Pengetahuan tentang Nabinya Muhammad.

Metoda tanya jawab seperti ini banyak digunakan oleh Syeikh, dalam sejumlah buku-buku karangan beliau. Metoda  seperti ini sangat bermanfaat dalam memperkuat keilmuan dan mempercepat masuknya pemahaman. Seorang penuntut  ilmu akan mudah mengetahui atau memahami suatu makna jika disampaikan kepadanya dengan metoda tanya jawab.  Karena apabila seseorang diberi suatu pertanyaan, ia akan bersiap-siap untuk memahami pertanyaan tersebut.

Para pakar pendidikan menamakan metoda pendidikan seperti ini dengan Thariqah Hiwariyah (metoda interaktif). Mereka menisbatkan metoda ini kepada para penulis barat. Dan mereka lupa bahwa Rasulullah terkadang mempraktekkan metoda seperti ini kepada para sahabat beliau. Beliau melontarkan pertanyaan kepada mereka agar mereka bersiap-siap untuk menjawab pertanyaan tersebut sebagaimana yang telah disebutkan keterangannya. Oleh karena itu kami katakan bahwa metoda penjelasan yang dipakai dalam pendidikan, walaupun datangnya dari orang-orang barat namun semua itu adalah metoda yang berasal dari kaum muslimin yang dikembalikan kepada kaum muslimin. Metoda tersebut sangat bermanfaat dalam dunia pendidikan, khususnya bagi para pemula, agar dapat mempersiapkan daya pikir mereka.

Seorang guru jika memberikan pertanyaan kepada murid maka mereka akan bersiap-siap memberikan jawabannya. Sehingga ilmu tersebut meresap dalam ingatan mereka. Dalam ceramah-ceramah umum sudah sepantasnya juga memakai metoda seperti ini. Karena ceramah (monolog) yang terus-menerus dapat membuat bosan para pendengar, apa lagi jika sudah menghabiskan waktu yang panjang.

Syeikh menyebutkan masalah ini dengan cara tanya jawab untuk menarik perhatian manusia tentang permasalahan yang agung ini. Karena tiga landasan utama tersebut adalah pertanyaan yang akan diajukan kepada setiap hamba di dalam kubur. Beliau menunjukkan kepada kita betapa penting dan berharganya permasalahan ini. Seorang insan pertama-tama harus mengetahui maknanya kemudian melaksanakan konsekuensinya. Mudah-mudahan Allah memberi taufik-Nya kepada kita sehingga kita dapat menjawab pertanyaan tersebut di dalam kubur. Jika malaikat bertanya: “Siapakah Rabbmu?.” Ia akan menjawab: “Rabbku Allah ” “Apakah agamamu?” Ia akan menjawab: “Agamaku Islam.” “Siapakah lelaki yang telah diutus kepada kalian?” Ia menjawab: “Dia adalah Muhammad hamba Allah dan Rasul-Nya.”

Barangsiapa mengetahui tiga landasan utama ini dan melaksanakan konsekuensinya maka is adalah hamba yang berhak  memperoleh taufik dari Allah Ta’ala untuk menjawab pertanyaan tersebut. Sebagaimana firman Allah:

“Allah meneguhkan (iman) orang-orang yang beriman dengan ucapan yang teguh itu dalam kehidupan di dunia dan di akhirat; dan Allah menyesatkan orang-orang yang zhalim dan memperbuat apa yang Dia kehendaki.” [QS. Ibrahim ayat 27]

Syeikh menyebutkan tiga landasan utama ini secara global kemudian menjelaskannya lebih terperinci. Ini juga merupakan satu metoda ilmiyah yang bagus. Karena apabila diri kita sudah mengetahui secara global maka akan lebih mudah mengetahui perinciannya. Penjelasan terperinci setelah global merupakan metoda penyampaian yang paling akurat sebagaimana yang tercantum dalam ilmu ma’ani.

Sumber : Syarah 3 Landasan Utama karya Abdullah bin Shalih Al-Fauzan, At-Tibyan Solo.

Artikel TigaLandasanUtama.Wordpress.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s