Penjelasan Kitab 3 Landasan Utama | Muqoddimah II | Allah Tidak Ridha Untuk Dipersekutukan Dengan Sesuatupun


الثانيةُ أَنَّ الله لا يَرْضى أَنْ يُشْرَك معه أَحَدٌ في عِبَادَتِه لاَ مَلَكٌ مُقَرَّبٌ وَلاَ نَبِيٌّ مُرْسَلٌ. والدليل قوله تعالى : وَأَنَّ الْمَسَاجِدَ لِلَّهِ فَلا تَدْعُو مَعَ اللَّهِ أَحَداً

Kedua: Bahwasanya Allah tidak ridha dipersekutukan dengan sesuatupun dalam ibadah kepadaNya, sekalipun malaikat yang didekatkan atau rasul yang diutus. Dan dalilnya adalah firman Allah, [Artinya] “Dan sesungguhnya mesjid-mesjid itu adalah kepunyaan Allah. Maka janganlah kamu menyembah seseorangpun di dalamnya di samping (menyembah) Allah.” [Al-Jinn : 18]

Perkataan penulis :

“Kedua : Bahwasanya Allah tidak ridha dipersekutukan dengan sesuatupun dalam ibadah kepadaNya, sekalipun Malaikat yang didekatkan atau Rasul yang diutus.”

Perkara yang kedua ini berkaitan dengan tauhid uluhiyah. Maknanya bahwa Allah telah mewajibkan bagi setiap mukallaf  agar mengesakan-Nya dalam ibadah. Hanya Dialah, yang berhak untuk diibadahi tiada sekutu bagi-Nya. Karena Dia Maha Pencipta, Maha Pemberi rezeki, kekuasaan dan perintah hanya milik-Nya.

Allah tidak ridha Dia disekutukan dengan apapun walau bagaimana pun suci, tinggi dan terhormatnya sesuatu tersebut, tidak Malaikat yang terdekat dan tidak pula Nabi yang diutus. Jika Allah tidak ridha dipersekutukan dengan sesuatu apapun, meskipun malaikat yang terdekat yang kedudukannya sangat dekat dengan Allah Ta’ala ataupun rasul yang diutus yang telah dipilih Allah maka makhluk selain mereka tentunya lebih tidak diridhai Allah. Karena ibadah tidak kayak ditujukan kecuali untuk Allah, menyelewengkan untuk selain-Nya berarti zhalim. Firman-Nya:

إِنَّ الشِّرْكَ لَظُلْمٌ عَظِيمٌ

“Sesungguhnya mempersekutukan (Allah) adalah benar-benar kezhaliman yang besar.” [ QS. Luqman : 13]

Allah hanya meridhai ibadahnya orang Islam dan tidak meridhai ibadahnya orang kafir. Sebagaimana Firman Allah

وَرَضِيتُ لَكُمُ الإِسْلاَمَ دِيناً

“Dan telah Ku-ridhai Islam itu jadi agamamu.” [ QS. Al Maidah : 3]

Dan Firman-Nya:

وَلَا يَرْضَى لِعِبَادِهِ الْكُفْرَ

“Dia tidak meridhai kekafiran bagi hamba-Nya” [QS. Az Zumar : 7]

Perkataan penulis :

“Dalilnya adalah firman Allah :وَأَنَّ الْمَسَاجِدَ لِلَّهِ فَلا تَدْعُو مَعَ اللَّهِ أَحَداً  [Artinya] :“Dan sesungguhnya mesjid-mesjid itu adalah kepunyaan Allah. Maka janganlah kamu menyembah seseorangpun di dalamnya di samping (menyembah) Allah.” [Al-Jinn : 18]”

Massajid [المساجد] bentuk jamak dari masjid [مَسجِد]  yaitu semua tempat yang dibangun untuk mengerjakan shalat, ibadah dan berdzikir. Makna ini berdasarkan sabda Rasulullah kepada seorang Arab Badui yang kencing di masjid:

إن هذا المسجد لا يصلح لشيء من ذلك إنما بني لذكر الله تعالى وللصلاة

“Sesungguhnya masjid ini tidak boleti diperlakukan seperti itu karena masjid dibangun sebagai tern pat berdzikir kepada Allah dan untuk mengerjakan shalat.” [HR. Bukhari no. 221, Muslim no. 285]

Itulah fungsi masjid. Dalam ayat ini, Allah Ta’ala menyandarkan kata masjid kepada nama-Nya sebagai pengkhususan dan pemuliaan. Sehingga makna/fungsi Masjid menjadi khusus: Yaitu jika kamu masuk ke dalam masjid untuk beribadah maka janganlah kamu menyembah seorangpun di dalamnya di samping (menyembah) Allah karena masjid adalah rumah Allah.  Bagaimana mungkin kamu berada di rumah-Nya sementara kamu menyembah dzat lain di dalamnya di samping (menyembah) Allah. ?

Firman-Nya [فَلا تَدْعُو مَعَ اللَّهِ أَحَداً] kata [ أَحَداً] “ahadan” berbentuk nakirah. Dan nakirah dalam bentuk larangan bermakna umum. Yaitu: Janganlah kamu menyembah siapapun atau apapun di samping (menyembah) Allah, walaupun ia adalah seorang malaikat yang didekatkan ataupun nabi yang diutus. Tentunya selain mereka lebih dilarang lagi.

Sumber : Syarah 3 Landasan Utama karya Abdullah bin Shalih Al-Fauzan, At-Tibyan Solo.

Artikel TigaLandasanUtama.Wordpress.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s