Panduan Praktis Rukun Islam | Kata Pengantar | Syaikh Abdullah Ibn Jibrin -rahimahullah-


Saya memuji, bersyukur dan menyanjung Allah, saya meminta ampunanNya dan memohon kepada Dia agar memberi syukur nikmatNya dan menjauhkan adzabNya dari kami. Saya bersaksi bahwa Dia adalah Ilah yang haq, tidak ada Ilah yang berhak disembah kecuali Dia. Dan saya bersaksi bahwa Muhammad adalah utusan dariNya, beliau telah menyampaikan risalah dan menunaikan amanah. Dan saya bersaksi bahwa para Al-Khulafa Ar-Rasyidin Al-Mahdiyyin dan para sahabat lainnya tergolong dalam kelompok Ash-Shiddiqin, Asy-Syuhada dan Ash-Shalihin, dan sesungguhnya mereka telah membawa syariat ini, mengamalkannya dan menyampaikannya kepada orang sesudahnya. Semoga Allah melimpahkan shalawat, salam dan barakahnya kepada nabiNya Muhammad, dan semoga Dia meridhai para sahabatnya seluruhnya serta orang yang mengikutinya dengan cara baik sampai Hari Pembalasan.

Amma ba’du

Saya telah membaca risalah qayyimah yang disusun oleh penuntut ilmu tentang Syarah Rukun Islam Yang Lima yaitu Dua Kalimat Syahadat, Shalat, Zakat, Shaum dan Haji, dan hanya membatasi pada hal ini saja tanpa membahas hukum yang lainnya, ini tidak lain kecuali karena pentingnya rukun-rukun ini dan dikarenakan ini adalah amalan yang sifatnya zhahir di lisan, badan, dan harta, yang setiap mukallaf dituntut untuk melakukannya dan dikarenakan sangat diperlukan sekali untuk mengetahuinya juga dikarenakan banyaknya kejahilan atas hal ini serta banyaknya penyimpangan dalam prakteknya di negeri-negeri yang mengaku muslim namun ajaran dan rukun-rukunnya banyak sekali disepelekan. Itu karena jauhnya mereka dari ilmu yang shahih dan tidak adanya orang yang mengingatkan dan mengarahkan mereka disamping penyimpangan-penyimpangan, keteledoran dan kesibukan mereka dengan hal-hal yang melalaikan.

Dan tak ragu lagi bahwa seorang muslim bila menegakkan rukun-rukun ini dengan sesempurna mungkin dan dia juga menegakkan hal-hal yang merupakan konsekwensi dari itu semua berupa hal-hal penyempurna dan pengaruh-pengaruhnya maka itu semua mendorong dia untuk mengamalkan tuntutan agamanya yang lain sehingga dia memperhatikan masalah aqidah, berusaha mencari harta yang halal, menjauhi maksiat dan beretika dengan etika dan akhlak Islam.

Di dalam risalah ini telah ditulis hal-hal yang penting berkenaan dengan rukun-rukun Islam secara ringkas, gamblang dan Bahasa yang mudah dipahami masyarakat umum, dan penulis membatasi pada satu pendapat yang kuat menurut kami, meskipun ada ulama lain ada yang memilih pendapat lain namun penyebutan masalah khilaf dan banyaknya pendapat membuat masyarakat awam di dalam kebingungan.

Bila mereka mengetahui hukum tertentu dan mengamalkannya sesuai dengan pendapat yang satu dengan disertai penuturan dalil dan niat yang benar maka mereka mendapatkan pahala dan selamat dari siksa penyepelean dan pengurangan.

Maka kami mendorong para dermawan untuk menyebarkan risalah ini di dunia Islam agar kaum muslimin memahami agama mereka dan barangsiapa menunjuki kepada kebaikan maka dia mendapat pahala seperti pahala yang melakukannya. Dan barangsiapa mengajak kepada petunjuk (Islam) maka dia mendapat pahala-pahala seperti pahala orang-orang yang mengikutinya tanpa mengurangi sedikit pun dari pahala mereka. Dan semoga Allah membalas penulisnya dan orang yang menyebarkannya dengan balasan yang lebih baik dan semoga Allah at melimpahkan shalawat dan salam kepada Muhammad keluarga dan para sahabatnya. Aamiin.

Abdullah bin Abdurrahman bin Jibrin
-rahimahullah-
( Anggota Lembaga Fatwa )

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s